ANGGOTA KORAMIL 1606-10/GANGGA SUKSES JADI PETANI CABAI

Meroketnya harga cabe benar-benar mebuat resah masyarakat terutama bagi ibu rumah tangga, namun tidak bagi Serka Junaidi anggota Koramil 1606-10/Gangga Kab. Lombok Utara NTB, harga cabai yang melonjak tinggi menjadi berkah bagi prajurit TNI kelahiran Sulawesi ini. Serka Junaidi yang tinggal di Desa Kebun Duren Kel. Selagalas Kec. Sandubaya Kota Mataram ini mulai menggeluti bidang pertanian sejak tahun 2016, selain sebagai prajurit TNI ia juga dikenal sebagai petani cabai yang sukses dan sudah dikenal di kalangan pedagang pasar tradisional yang ada di Kota Mataram. Meskipun Serka Junaidi menjadi seorang petani sukses, namun tugas sebagai seorang anggota TNI AD selalu menjadi prioritas utama baginya. 
Sepulang kantor tanpa melepaskan pakaian seragamnya, Serka Junaidi langsung menuju sawah untuk mengecak tanaman-tanaman cabai milikinya, seperti apa yang disampaikan oleh Serka Junaidi bahwa menjadi seorang petani tidaklah mudah, berbagai kendala kerap dihadapinya, sama seperti petani pada umumnya kesulitan utama yang dihadapi yaitu sulitnya menembus akses modal, kendala lain yang dihadapi yaitu serangan hama yang menyebabkan gagal panen dan jatuhnya harga komoditas pertanian. Tapi bagi pria 31 tahun ini  kegagalan bukanlah akhir dari sebuah usaha, namun merupakan awal dari keberhasilan suatu usaha, menurutnya cabai adalah salah satu tanaman yang paling sederhana tetapi membutuhkan keuletan dan kerja keras, meskipun lahannya sempit tidak menjadi kendala bagi kita untuk menanam cabai. Saat ini tanaman cabai yang mulai ditanam sejak tanggal 4 Nopember 2016 dilahan seluas 1,5 H tersebut diperkirakan  akan panen pada akhir Januari nanti, Serka Junaidi berharap nantinya hasil panennya dapat membantu memenuhi pasokan cabai untuk daerah NTB. 
Kesuksesan Serka Junaidi dalam menggeluti usaha pertanian patut menjadi contoh bagi kita semua, sesulit apapun tantangan yang kita hadapi dalam suatu usaha jika kita terus berupaya dengan tekun, kerja keras dan bersabar maka kesuksesanpun pasti akan kita raih. Serka Junaidipun berharap generasi muda mau mencontoh apa yang ia lakukan, sebab bertani sebenarnya adalah pekerjaan mulia, persis seperti tradisi leluhur kita sejak jaman dulu,” ungkapnya.


Share on Google Plus

About Penrem162

0 komentar:

Posting Komentar