TNI BANTU EVAKUASI KORBAN BANJIR DI SUMBAWA

Bencana banjir kembali menghampiri wilayah NTB, kali ini bencana  banjir melanda Kab. Sumbawa. Kejadian bencana pada Minggu sore tanggal 29 Januari 2017 ini menghayutkan 8 Rumah di Kec. Tarano Kab. Sumbawa Besar, selain itu banjir  juga  melumpuhkan jalur transportasi dari Barat ke Timur yang melewati Sumbawa Besar tepatnya dari depan Terminal Sumbawa Besar intensitas air cukup Tinggi.

Kejadian banjir yang melanda Desa Karang Dima Kec. Labuhan Badas Kab. Sumbawa ini disebabkan karena curah hujan yang sangat tinggi mengguyur Kab. Sumbawa mengakibatkan sungai yang ada di Desa Pemulung tidak dapat menampung debit air yang turun dari perbukitan, dan tinggi air mencapai kurang lebih satu setengah meter atau setinggi paha orang dewasa. Meskipun tidak memakan korban jiwa namun kerugian yang disebabkan oleh bencana banjir ini belum dapat dipastikan. 

Kondisi masyarakat yang terkena bencana sangat memrihatinkan, hal ini dikarenakan rumah dan barang-barang milik mereka teremdam banjir. Untuk itu anggota Kodim 1607/Sumbawa dibawah pimpinan Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf Sumanto langsung mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir  ke Masjid-Masjid  yang berada di Labuhan Badas yang tidak terkena banjir, meskipun air mulai surut, namun para warga masih bertahan di pengungsian dan belum berani untuk kembali kerumahnya, hal ini disebabkan cuaca belum stabil dan rumah mereka rusak berat akibat banjir tersebut.
Selain membantu mengevakuasi warga, anggota Kodim 1607/Sumbawa bersama aparat keamanan lainnya juga membantu mengamankan lokasi dan rumah-rumah warga yang terkena dampak banjir yang ditinggal pemilikinya mengungsi, hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, selain itu TNI juga membantu membersihkan rumah warga dari lumpur dan kotoran yang disebabkan oleh banjir. 


Share on Google Plus

About Penrem162

0 komentar:

Posting Komentar