Selasa, 24 Januari 2017

DANREM 162/WB BUKA KEGIATAN LATIHAN PRATUGAS OPERASI PAMTAS DARAT RI-RDTL SATGAS YONIF 742/SWY

Bertempat di Lapangan Yonif 742/SWY,  pada  hari  Selasa  24  Januari  2017 dilaksanakan  kegiatan  upacara  pembukaan  latihan Pratugas Operasi Pamtas Darat RI-RDTL Satgas Yonif  742/SWY.  Bertindak selaku inspektur upacara Danrem 162/WB Kolonel Inf Farid Makruf, M.A., dalam kesempatan tersebut Danrem 162/WB membacakan amanat dari Pangdam IX/Udayana. Seperti apa yang disampaikan dalam amanat Pangdam IX/Udayana bahwa kegiatan latihan Pratugas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemanpuan dan keterampilan  serta menguji Satgas Yonif 742/SWY untuk melaksanakan tugas pengamanan perbatasan  darat RI-RDTL secara berhasil dan berdaya guna. 
Kegiatan latihan yang akan dilaksanakan selama 12 hari ini, nantinya diharapkan dapat berjalan dengan optimal, agar tujuan latihan ini dapat tercapai maka seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan ini nantinya akan dibekali dengan berbagai macam materi yang meliputi Hukum, Teritorial,  Intelijen dan Komlek.  Untuk Materi Hukum terdiri dari HAM, KUHP dan KUHAP, Keimigrasian, Kepabeanan (Bea Cukai), Standart Operation Procedure (SOP),Pemeriksaan dan Penanganan Pelintas Batas Illegal, penanganan Illegal Logging, Illegal Mining, Human Trafficking dan Peredaran Narkoba. Kemudian untuk Materi Teritorial terdiri dari Pengetahuan Adat Istiadat, Budaya dan Bahasa Daerah, Pemberdayaan Masyarakat melalui Industri Rumah Tangga, Pendidikan Bela Negara, Penyiapan Tenaga Pendidik SD dan SMP, Tenaga Penyuluh Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan, Penyuluhan Tentang Batas Negara dan Perda Setempat, Pembinaan Pramuka, Karya Bhakti, Bintahwil dan Komsos. Dalam Materi Intelijen, para prajurit nantinya akan diberikan pengetahuan dan keterampilan tentang Penjejakan Fisik, Pengembangan Sistem Pengamanan, Kontak Orang Dengan Orang, Pelaporan Bapul, Intel Teritorial, Wawancara serta Pengamatan dan Penggambaran (Matbar), sedangkan untuk Materi Komlek terdiri dari Prosedur dan Gelar Komunikasi TNI serta Pengamanan Komlek dan Protap, Instap dan Insops Komlek TNI. Setelah kegiatan upacara pembukaan latihan, Danrem 162/WB juga memberikan mengarahan kepada seluruh prajurit Yonif 742/SWY. 
Dalam pengarahannya, Danrem menekankan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Yonif 742/SWY agar benar-benar melaksanakan kegiatan latihan ini, pedomani dan yakini bahwa latihan itu penting, bukan yang penting latihan. Sadari  bahwa latihan adalah bentuk  kesejahteraan  paling hakiki bagi Prajurit. Hadir dalam kegiatan upacara pembukaan tersebut yaitu Kasrem 162/WB, Dandim 1606/Lobar, Dan/Ka/Pa Satdisjan Korem 162/WB, Para Kasi Korem 162/WB dan Danyonif 742/SWY, serta seluruh Perwira Balakyan Korem 162/WB.


SHARE THIS

Author:

0 komentar: