TRENDING

Kamis, 26 April 2018

Masyarakat Ai’ Kangkung Antusias Ikuti Penyuluhan Peternakan dan Pariwisata



Mayoritas masyarakat Ai’ Kangkung memiliki pekerjaan sebagai petani, ternak sapi dan nelayan. Itu dilakukan karena lokasi Desa Ai’ Kangkung yang jauh dari hiruk pikuk daerah perkotaan dengan luas lahan persawahan yang terbilang masih kosong dan memiliki potensi dibidang pariwisata.

Melihat kondisi tersebut, dandim 1607/Sumbawa selaku Komandan satuan tugas (Dasatgas) TMMD 101 Kabupaten Sumbaw Barat (KSB) Letkol Arm Sumanto, S.Sos., menggelar kegiatan penyuluhan dibidang peternakan dan pariwisata dengan menghadirkan Kepala bidang Dinas Peternakan KSB Kusmirin, S.T., dan Kepala Seksi Dinas Pariwisata KSB Roy Mahendra, S.E., di Kantor Desa Ai’ Kangkung Kecamatan Sekongkang KSB kemarin malam, Rabu (25/4).

Pada kesempatan tersebut, Kusmirin menjelaskan tentang cara perawatan ternak sapi maupun tambahan gizi pada saat sapi hamil serta menyiapkan pasar ternak sapi bila ingin menjual ternaknya. Sedangkan Kasi Pariwisata menyampaikan tentang akses pariwisata yang didukung oleh infrastruktur yang memadai untuk menggaet wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sementara Sumanto ditempat terpisah tadi pagi, Kamis (26/4) mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya berbagai macam penyuluhan kegiatan non fisik TMMD ke 101. “Semalam telah dilaksanakan penyuluhan tentang peternakan dan pariwisata yang dihadiri ratusan masyarakat Desa Ai’ Kangkung”, kata Sumanto.

Menurutnya, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang tata cara bertrenak sapi karena masyarakat setempat selain bertani juga banyak memiliki sapi dengan harapan mereka mengerti jika terjadi permsalahan dengan ternaknya cepat mengambil langkah-langkah dalam penanganan.

“Semoga keberadaan TMMD ini betul-betul dirasakan oleh masyarakat setempat terutama dalam bergotong-royong menyelesaikan masalah untuk kepentingan bersama”, pungkasnya.

Kegiatan penyuluhan tersebut juga dihadiri Kepala UPTD Peternakan Kecamatan Sekongkang, Kasi Keswan Distanbunak KSB, Sekdes Ai Kangkung, tokoh agama dan masyarakat, Pasiter Kodim 1607/Sumbawa dan undangan lainnya diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Posting Komentar

 
Back To Top