TRENDING

Kamis, 14 Oktober 2010

PANGDAM IX/UDAYANA BUKA TMMD KE-85 DI DESA LINGSAR KEC. NARMADA KAB. LOMBOK BARAT




Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ke-85 di wilayah Korem 162/WB digelar di lapangan Desa Lingsar Kec. Narmada Kab. Lobar pada tanggal 13 Okt 2010 pukul 09.00 wita, bertindak selaku Irup Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Rahmat Budianto, hadir pada upacara tersebut unsur Muspida Prop NTB, Bupati Lobar, unsur Muspida Kab Lobar, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemda bersama-sama dengan segenap komponen bangsa, bertujuan untuk membantu pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan, ketahanan wilayah dan memperkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat, prioritas sasaran adalah daerah tertinggal, terpencil, terisolir dan daerah perbatasan.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa penentuan sasaran TMMD didasarkan pada perencanaan dari bawah yang diusulkan oleh masyarakat setempat mulai dari tahap musyawarah, sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat. Hakekat program TMMD bukan merupakan bentuk campur tangan jajaran TNI terhadap kegiatan pemerintah, namun merupakan bukti kepedulian jajaran TNI terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di pedesaan untuk hidup mandiri dengan memanfaatkan segala potensi sumber daya alam yang ada didaerah masing-masing.

Dalam amanatnya Pangdam IX/Udayana mengharapkan agar pelaksanaan TMMD dapat berjalan lancar, untuk itu ditekankan kepada Dan Satgas selaku pelaksana di lapangan agar melibatkan seluruh komponen masyarakat secara maksimal dengan mengedepankan metode Komsos, kepada seluruh Prajurit yang terlibat langsung diminta agar melaksanakan tugas ini sebaik mungkin dan penuh rasa tanggung jawab, dengan memformulasikan sikap Prajurit yang lebih adaptif dan kontekstual sesuai nilai dan kultur budaya setempat, sehingga diharapkan dapat terwujud Prajurit Prajaraksaka yang profesional dan dicintai Rakyat, semoga kehadiran para Prajurit TNI didesa ini dapat membawa suasana yang lebih akrab dan menyejukkan bagi seluruh warga masyarakat.

Thema yang diusung dalam pelaksanaan TMMD ke-85 antara lain “ Melalui TNI Manunggal Membangun Desa kita tingkatkan kebersamaan dalam memberdayakan masyarakat dan desa guna meningkatkan akselerasi pembangunan didaerah dalam rangka mewujudkan Ketahanan Wilayah yang tangguh serta Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Selesai upacara Pangdam IX/Udayana menyerahkan bantuan berupa sarana kontak kepada Dan Satgas TMMD ke-85 Letkol Inf Waris Arinugroho, dilanjutkan penyerahan bantuan material secara simbolis dari Ketua Perkumpulan Sosial Bhakti Mulia ,Bapak Winjanarko kepada Dan Satgas.

Sebelum melaksanakan peninjauan ke lokasi sasaran TMMD, Pangdam IX/Udayana bersama unsur Muspida Prov NTB dan Bupati Lombok Barat DR. H. Zaini Aroni melaksanakan penanaman bibit pohon manggis di sekitar lapangan tempat upacara.

Oleh : Penrem 162/WB.

Posting Komentar

 
Back To Top