KODIM SUMBAWA AKAN TERUS BANTU PETANI

Kodim 1607/Sumbawa  akhirnya melakukan pengawalan ketat terhadap aktifitas Badan Urusan Logistik (Bulog) setempat guna mamastikan pembelian gabah petani sesuai Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Langkah ini diambil oleh Kodim 1607/Sumbawa  karena merespon rendahnya akses bulog membeli gabah petani disaat harga gabah anjlok sampai level Rp 3400 perkilogram jauh dibawah HPP yang ditetapkan Rp 3700 perkilogram.
Hasilnya, sejumlah wilayah yang dilaporkan menjadi lumbung pangan Sumbawa Barat seperti Kecamatan Seteluk, Taliwang dan Brang Rea berhasil diakses Bulog dengan dipantau serta dikawal ketat oleh Kodim 1607/Sumbawa. Dandim 1607/Sumbawa memerintahkan kepada seluruh Danramil dan Babinsa untuk terjun langsung kelapangan guna mengawal/mendampingi para petani.
 
Seperti apa yang dilakukan oleh Danramil Taliwang Kapten Inf Agus, bersama anggota memantau langsung aktifitas bongkar muat gabah oleh Bulog usai membeli gabah di petani, dilokasi ini puluhan ton gabah petani juga terserap. Bulog langsung membawa  truk-truk mitra mereka ke basis produksi petani, saat ini Bulog  telah membeli gabah dari petani yang ada di Desa Sapugara Bree,  Seminar Salit dan Lampok serta Kalimantong Kecamatan Brang Ene.
Selain di Taliwang, Babinsa Koramil Seteluk bersama Kabulog wilayah Sumbawa Barat juga  membawa sejumlah truk  untuk langsung membeli gabah petani di sawah bahkan sampai ke rumah petani yang berada di Desa Tebo, Air Suning  Seteluk dan Rempe, Kec. Seteluk Kab. Sumbawa,  ditempat ini diperkirakan puluhan ton gabah terserap sesuai dengan HPP Rp 3700 perkilogram. 
 
Seperti apa yang disampaikan oleh Dandim 1607/Sumbawa Letkol Arm Sumanto S.Sos. pada hari Kamis 23 Maret 2017 saat berkunjung ke kantor Bulog Subdevisi III Alas  yang berada di  Kec. Alas Kab. Sumbawa Besar, mengatakan bahwa anggotanya akan mengawal langsung pembelian gabah dari petani oleh bulog ini dan gabah langsung timbang dilokasi, karena transaksi langsung dilakukan disawah tempat lokasi panen berlangsung. Selain itu anggota Kodim 1607/Sumbawa juga menyurve  sawah-sawah  yang siap panen, dan kita juga himbau petani agar langsung menghubungi Bulog atau Babinsa jika panen, jangan jual ke tengkulak. Kunjungan Dandim di gudang Bulog ini juga ingin memastikan daya serap gabah oleh Bulog di gudang induk sesuai dengan data dilapangan.
Apa yang dilakukan oleh Dandim 1607/Sumbawa beserta seluruh anggotanya ini sangat diapresiasi oleh Pemerintah daerah dan masyarakat khususnya para petani, para petani merasa senang karena harga gabahnya dibayar sesuai dengan harga HPP yaitu 3700 perkilogramnya. Dengan adanya kerjasama yang baik antar TNI, pemerintah daerah, Bulog dan pihak terkait lainnya diharapkan dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat petani.


Share on Google Plus

About Penrem162

0 komentar:

Posting Komentar