TRENDING

Senin, 13 November 2017

PASCA BENCANA LONGSOR DUSUN LENDANG KARANG, TNI DENGAN MASYARAKAT BAHU-MEMBAHU MELAKSANAKAN KARYA BHAKTI PEMBERSIHAN

 Memasuki musim penghujan, kita harus mewaspadai bencana yang kerap terjadi pada saat musim penghujan,  salah satunya bencana tanah longsor yang melanda Dusun Lendang Karang Desa Kalijaga Kec. Aikmel Kab. Lotim pada hari minggu 12 Nopember 2017. Walaupun itensitas hujan yang turun masih rendah, namun kita bisa melihat bencana yang diakibatkan oleh hujan tersebut, meskipun tidak memakan korban jiwa dan tidak menimbulkan banyak kerugian, akan tetapi bencana tersebut memporak-porandakan jalan dan rumah penduduk yang ada di Dusun tersebut. Bencana tanah longsor yang menerjang Dusun Lendang Karang tidak hanya membawa material longsoran seperti tanah dan batu saja, namun juga membawa berbagai material sampah yang terdiri dari pepohonan dan material sampah lainnya. 
Untuk itu, pada hari Senin 13 Nopember 2017 anggota Koramil 1615-11/Aikmel melaksanakan kegiatan karya bhakti. Bersama dengan masyarakat Dusun Lendang Karang, anggota Koramil 1615-11/Aikmel bergotong royong membersihkan gunungan sampah  dan membersihkan jalan serta rumah penduduk  yang tertutup oleh material longsoran  akibat bencana tanah longsor tersebut. Dalam kesempatan tersebut Danramil 1615-11/Aikmel Kapten Inf Keman yang pemimpin kegiatan karya bhakti tersebut mengatakan bahwa kegiatan karya bhakti anggota Koramil dengan masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempercepat kegiatan pembersihan jalan maupun rumah penduduk dari sampah dan material lainnya yang disebabkan oleh bencana tanah longsor, mengingat itensitas hujan yang turun sangat tinggi. 
Meskipun tidak menimbulkan korban, namun ia berharap agar bencana tersebut tidak terjadi lagi, untuk itu dalam kesempatan tersebut Danramil kembali mengingatkan masyarakat agar menjaga kelestarian dan kebersihakan lingkungan, karena seperti kita ketahui bersama dengan terjaganya hutan yang ada diwilayah kita maka dapat menghindarkan wilayah kita dari bencana salah satunya bencana tanah longsor. Danramil juga menekankan kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Aikmel untuk terus manjaga keberadaan hutan yang ada diwilayah ini, karena hutan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita, untuk itu mari kita jaga, jangan biarkan pelaku ilegal loging menjadi penyebab bencana diwilayah. Kehadiran anggota Koramil 1615-11/Aikmel disambut gembira oleh masyarakat, seperti apa yang disampaikan oleh salah seorang warga bapak Ahmad mengatakan kalau bapak Babinsa datang pasti kegiatan pembersihan cepat selesai, untuk itu saya sangat senang dan sangat berterimakasih kapada bapak-bapak TNI yang selalu membantu kita dalam kesulitan. Kegiatan karya bhaktipun berjalan dengan aman dan lanjar, dengan adanya kerjasama dan semangat gotong royong yang kuat antar TNI dengan masyarakat makan kegiatan pembersihan material longsoran yang menimbun rumah warga serta jalan ini dapat dibersihkan dengan capat.  

Posting Komentar

 
Back To Top