TRENDING

Minggu, 19 Mei 2013

284 MARINIR DAN 420 PERSONIL YONIF LINUD 330/TD KOSTRAD MENDARAT DAN DITERJUNKAN DI BIMA



            Diawali dengan pengiriman Tontaipur sebanyak 39 orang, yang dinamakan KDOL (Kelompok Depan Operasi Linud) yang terdiri dari angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, mereka diterjunkan di desa Risa kec. Woha untuk mengintai dan melaporkan perkembangan kegiatan dan aktivitas musuh yang akan dihancurkan, mereka bergerak dengan sangat rahasia agar tidak bisa terdeteksi oleh pasukan lawan.

                Berdasarkan informasi dari Tontaipur KDOL, Mabes TNI mengirimkan 284 personil Marinir untuk mendarat di pantai Ule desa Jati Wangi Kec. Asakota kab. Bima dan menerjunkan 420 personil dari pasukan Yonif linud 330/Tri Dharma Kostrad dibawah komando Danyon linud Letkol Inf Andy Gunawan. Pasukan marinir menelusuri sejumlah titik dengan berjalan kaki melakukan perang kota dan mereka akan merebut sejumlah wilayah yang dikuasai musuh di kota Bima, sedangkan pasukan dari Yonif linud 330/Tri Dharma Kostrad diterjunkan mendekati dari sasaran yaitu kantor Bandara, ketinggian kampung Kalate, radar, jembatan, pos luar bandara dan ujung Runway, kemudian merebut dan mengambil alih cepat Bandara Sultan Salahudin Bima karena teroris telah berhasil menyusup mengambil alih Bandara dan hasilnya musuh berhasil dilumpuhkan. Kegiatan tersebut merupakan sekenario dalam latihan gabungan TNI, yang latihan sebelumnya dilaksanakan di Asembagus Jawa Timur dan di Sangatta Kalimantan Timur, dan latihan ini merupakan agenda latihan tahunan, bukan karena di Bima sering terjadi konflik, disinyalir adanya teroris atau permasalahan-permasalahan lain.

                Sebelum meninjau kegiatan latihan, Kepala  staf umum TNI Marsekal Madya TNI Boy Syahril Qamar beserta rombongan petinggi Mabes TNI dengan di dampingi Kasdam IX/ Udayana Brigjen TNI Pratimun dan Danrem 162/WB Kolonel Inf Zulfardi Junin, Danlanal Mataram, Danlanud Rembiga, Bupati Bima, dan Dandim 1608/Bima melaksanakan Baksos TNI berupa pengobatan Massal dan KB Kes di puskesmas woha, kemudian dilanjutkan silaturahmi dengan unsur Muspida kab. Bima, Toga, Tomas, Todat dan Ormas Kab. Bima yang bertempat di Convension Hall Paruga Nae Kodya Bima.

Posting Komentar

 
Back To Top