TRENDING

Kamis, 16 Mei 2013

KASUM TNI TINJAU LATGAB DI BIMA



           
        Guna mengoptimalkan Peran dan fungsi TNI sebagai pertahanan negara, TNI berusaha menjadi tentara yang profesional dalam bidangnya,  salah satunya dengan melaksanakan latihan gabungan antar angkatan. Latihan gabungan yang dimulai dari hari Senin 15 mei 2013 sampai dengan 19 mei 2013 yang dilaksanakan di Bima, merupakan rangkaian latihan gabungan TNI  yang dilaksanakan sebelumnya di daerah Asembagus Jawa Timur dan diwilayah Sangatta Kalimantan Timur.

Pada kesempatan tersebut, Kepala  staf umum TNI Marsekal Madya TNI Boy Syahril Qamar dengan di dampingi Kasdam IX/ Udayana Brigjen TNI Pratimun dan Danrem 162/WB Kolonel Inf Zulfardi Junin, rabu 16 mei 2013 meninjau langsung pelaksanaan latihan gabungan TNI tersebut. Diawali dengan penerjun KDOL (Kelompok Depan Operasi Linud) sebanyak 39 personil gabungan TNI-AD, TNI-AL, dan TNI-AU diterjunkan di desa Risa kecamatan Woha yang berfungsi sebagai tim intai depan sebelum melaksanakan suatu serangan terhadap musuh yang ingin dihancurkan. Kemudian dilanjutkan dengan pendaratan 270 pasukan marinir di dua titik yakni di pantai Ule, Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota dan pantai Lawata Kelurahan Dara. Pasukan marinir ini akan menelusuri sejumlah titik dengan berjalan kaki melakukan perang kota dan merebut sejumlah wilayah yang dikuasai musuh.

Latihan ini merupakan agenda latihan tahunan, bukan karena di Bima sering terjadi permasalahan seperti banyaknya konflik antar kampung atau permasalahan teroris. Latihan GabunganTNI tahun ini mengambil tema “ Latihan Gabungan TNI tahun 2013 adalah Komando Gabungan TNI melaksanakan kampanye militer di daerah Asembagus Jawa Timur, Sangatta Kaltim dan Bima NTB dalam rangka menegakan kedaulatan serta keutuhan NKRI “.

Posting Komentar

 
Back To Top