TRENDING

Senin, 16 April 2018

TMMD Salah Satu Wujud Nyata Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat


Program TMMD yang dilaksanakan dua kali dalam satu tahun di tempat yang berbeda merupakan program TNI bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. TMMD yang dilaksanakan di Desa Ai' Kangkung Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat ini merupakan salah contoh upaya percepatan pembangunan di pedesaan.

Pagi tadi, di halaman SMPN 2 Sekongkang dilaksanakan penyuluhan pendidikan berkarakter yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan dan Olaharaga (Dikpora) KSB kepada seluruh siswa-siswi SMPN 2 Sekongkang, SDN Ai' Kangkung dan orang tua Wali murid, Sabtu (15/4)

Pasiter Kodim 1607/Sumbawa Kapten Inf Robert P. dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Dikpora KSB yang telah mengirim anggotanya untuk memeberikan Penyuluhan. "Terimakasih kepada perwakilan Dinas Dikpora yang telah hadir untuk memberikan kita penyuluhan tentang pendidikan berkarakter", kata Robert.

Dilanjutkannya, selain sasaran fisik berupa pembangunan mushola, pagar pura, pentalutan jalan, pembuatan Poskamling dan lain sebagainya. Juga kita akan melaksanakan kegiatan non fisik seperti sebelumnya pernah kita laksanakan.

Adapun kegiatan non fisik yang pernah dilaksanakan diantaranya penyuluhan tentang pemeliharaan instalasi listrik di masyarakat oleh PLN, penyuluhan dari Dinas BLH dengan materi tentang pengelolaan pupuk kompos dari sampah organik dan pemutaran film perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Sementara Kepala Pengawas SD, SMP H. Wahidin, S.Pd., MM.,  selaku pemberi materi penguatan pendidikan berkarakter memberikan sorotan kepada peran orang tua terhadap anak. "Sebagai orang tua harus mampu menunjukkan contoh yang positif agar karakter memiliki karakter yang baik dan tidak mudah tergoda oleh perkembangan zaman seperti sekarang ini", ujar H. Wahidin.

Sebentar lagi sambungnya, SMP dan SD akan melaksanakan ujian akhir, agar para orang tua menyiapkan anak-anaknya untuk menghadapi ujian tersebut dengan harapan bisa melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi", tutupnya.

Sedangkan Sekdis Dikpora KSB Firmansyah, S.Pd., MM., menyampaikan beberapa hal yang menjadi ancaman generasi penerus terutama anak-anak sekolah dan para pemuda yakni Narkoba, Pornografi dan HP android yang bisa mendownload berbagai macam game, hal ini akan merusak anak-anak kita.

Terpisah Dandim 1607/Sumbawa Letkol Arm Sumanto, S.Sos., sslaku Dansatgas TMMD ke 101 tahun 2018 di KSB disela-disela kesibukannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel satgas TMMD maupun pendukung yang sampai saat ini masih tetap semangat melaksanakan tugas membantu percepatan pembangunan di Desa Ai' Kangkung.

"Kegiatan non fisik selama TMMD harus dilaksanakan sebagai salah satu upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang berbagai pengatahuan sehingga diharapkan masyarakat tidak ketinggalan informasi", jelas Sumanto.

Orang nomor satu di jajaran Kodim Sumbawa tersebut berharap, kegiatan TMMD di Desa Ai' Kangkung ini merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat mengingat personel Satgas TMMD hingga hari ini masih tinggal dan berbaur seperti keluarga dirumah-rumah masyarakat.

Posting Komentar

 
Back To Top