TRENDING

Selasa, 14 Mei 2013

IRDAM IX/UDY MEMBUKA TMMD KE-90 DI JANAPRIA LOMBOK TENGAH



Selasa 14 mei 2013, kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) dilaksanakan secara serentak di 61 wilayah di Indonesia. Pelaksanaan TMMD di wilayah Korem 162/WB berada di dua tempat, salah satunya di desa Durian  Kecamatan Janapria dibuka langsung oleh Irdam IX/Udayana Kolonel Inf Ratman Wiady, S.IP. Hadir pada acara pembukaan tersebut Wakil Bupati Lombok tengah, para Dandim jajaran Korem 162/WB sepulau Lombok, para Kasi Korem 162/WB, Dan/Ka/Pa Satdisjan jajaran Korem 162/WB, ibu-ibu Dharma Pertiwi daerah “J” Prov. NTB, Toga, Tomas, Todat, para pelajar dan masyarakat.
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bagian dari Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan dua kali setiap tahun merupakan program lintas sektoral antara TNI dengan Departemen / Pemerintah dan masyarakat setempat, yang dilaksanakan secara terpadu untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat disegala bidang kehidupan dan peningkatan sarana prasarana pembangunan infrastruktur sehingga diharapkan daerah tersebut dapat lebih maju dan sejajar dengan daerah - daerah lain. Kegiatan sasaran fisik di Dusun Bangka, Dusun Berombok, Dusun Penjon Desa Durian Kec. Janapria Kab. Loteng diantaranya : Pembuatan jalan baru P. 1.500 M, L. 3 M,    Pembuatan plat deker 1 unit, Pembuatan MCK 4 unit, Pembuatan Pos kamling 4 unit, Pemasangan gorong-gorong 1 titik. Kegiatan sasaran fisik di Desa Lantan Kec. Batukliang Utara Kab. Loteng, pembangunan jembatan Bentangan 12 M, L. 4 M dan kedalaman 7 M. Kegiatan sasaran fisik di Desa Teratak Kec. Batukliang Utara Kab. Loteng, pembuatan talut P. 1000 M, L. 3 M, pembuatan badan jalan L. 3 M, pembuatan deker 2 unit P. 4 M, L. 2 M. Kegiatan sasaran fisik di Desa Pemepek Kec. Pringgarata Kab. Loteng, pembangunan jembatan Bentangan 7,5 M, L. 4 M dan T. 7 M. Kegiatan Sasaran non fisik di Kec. Janapria, Kec. Batukliang Utara, Kec. Pringgarata Kab. Loteng, diantaranya :Penyuluhan tentang Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan oleh Kodim 1620/Loteng, Kamtibmas oleh Polres Loteng, Kesehatan oleh Diskes Kab. Loteng, Keluarga Berencana oleh Dinas PPKB Kab. Loteng, Pertanian dan Peternakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Loteng, Hukum oleh Kajari Kab. Loteng, Kehutanan dan Perkebunan oleh Dishutbun Kab. Loteng, Pariwisata oleh Dinas Pariwisata Kab. Loteng,dan penyuluhan tentang Penanggulangan Bencana Alam oleh BPBD Kab. Loteng. Tujuan diselenggarakannya TNI Manunggal Membangun Desa adalah untuk mewujudkan Ruang Juang, Alat Juang, Kondisi Juang dan Kemanunggalan TNI-Rakyat serta dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik bersifat fisik maupun non fisik dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif serta terwujudnya stabilitas keamanan di wilayah Nusa Tenggara Barat, dengan Tema " Melalui TNI Manunggal Membangun Desa, TNI bersama-sama Polri, Kementerian / LPNK, Pemerintah daerah dan seluruh komponen bangsa lainnya, kita tingkatkan integritas guna mendukung percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di pedesaan ". Selesai membuka TMMD, irdam IX/UDY melaksanakan penanaman pohon di sekitar lapangan umum Janapria.
 Untuk mewujudkan hal tersebut, sangat diperlukan   langkah   koordinasi   dan   kerja sama yang sinergis dan intensif dari seluruh pemangku  kepentingan yang terlibat.  Di  samping  itu,  partisipasi  aktif  dari seluruh  komponen  masyarakat  menjadi      kunci penentu  bagi  keberhasilan  dan  kelancaran penyelenggaraan TMMD guna tercapainya kesejahteraan rakyat indonesia.

Posting Komentar

 
Back To Top