Home » , » LESTARIKAN KEARIFAN LOKAL, KODIM 1607/SUMBAWA GELAR LOMBA KARAPAN KERBAU

LESTARIKAN KEARIFAN LOKAL, KODIM 1607/SUMBAWA GELAR LOMBA KARAPAN KERBAU

Ditulis Oleh Penrem162 on Senin, 10 Oktober 2016 | 10.42


Minggu tgl 9 Okt 2016 bertempat di lahan persawahan Desa Manemeng Kec Brang Ene Kab. Sumbawa Barat telah berlangsung kegiatan  lomba kesenian Kerapan Kerbau, kegiatan lomba Karapan Kerbau tersebut diselenggarakan dalam rangka  memperingati HUT ke-71 TNI tahun 2016. Karampan Kerbau yang dilaksanakan oleh  Kodim 1607/Sumbawa merupakan bagian dari Komunikasi Sosial di Wilayah Kodim 1607/Sumbawa, dalam perlombaan tersebut sebanyak kurang lebih 312 pasang Kerbau yang berasal dari seluruh wilayah Kab. Sumbawa Barat dan Kab Sumbawa ikut dalam kegiatan tersebut, bertindak selaku ketua panitia perlombaan dalam kegiatan lomba Kerbau ini yaitu bapak Sarimin yang merupakan tokoh adat Desa Manemeng, dan ketua panitia acara yaitu Danramil 1607-05/Taliwang.

Pada kesempatan tersebut Danramil 1607-05/Taliwang Kapten  Cba Agus, S.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Komunikasi Sosial Kodim 1607/Sumbawa dan bertujuan untuk melestarikan budaya Sumbawa. Kegiatan lomba karapan Kerbau ini dapat berjalan dengan lancar tentunya datas ukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat, untuk Danramil 1607-05/Taliwang mengucapkan banyak terimaksih kepada pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat Kab. Sumbawa sehingga kegiatan lomba karapan Kerbau yang memperebutkan hadiah dua unit sepeda motor dan piala bergilir Dandim Cup. Piala bergilir yang dibuat khusus dari bekas kelongsong peluru Meriam 76 yang diperoleh oleh Letkol Arm Sumanto,S.Sos. dari satuan lamanya di Armed ini dengan bentuk yang khas dan unik nantinya akan diberikan kepada juara umum.
 
Dalam kesempatan tersebut Dandim 1607/Sumbawa berharapan kedepan kegiatan ini bisa di laksanakan secara terus-menerus, sehingga dapat melestarikan kearifan lokal  budaya Sumbawa. Bukan hanya itu saja Dandim juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Bupati Kab. Sumbawa yang telah membantu mensukseskan berbagai rangkaian kegiatan HUT ke-71 TNI tahun 2016, mulai dari kegiatan upacara, syukuran, berbagai kegiatan lomba seni dan budaya serta kegiatan lomba kerapan Kerbau yang dilaksanakan ini, karena tanpa dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat maka maka TNI tidak bisa bekerja dengan maksimal khususnya dalam upaya membangun daerah Sumbawa sesuai motto dari bapak Bupati yaitu Ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh. Kegiatan karapan Kerbau ini disambut baik oleh pemerintah daerah dan masyarakat setempat, hadir dalam kegiatan lomba karapan Kerbau yaitu Bupati KSB Dr Ir H W Musyafirin MM,  Dandim 1607/Sbw Letkol Arm Sumanto S.Sos.,  Kabag Ops polres KSB Kompol I Gd Martawan, Camat Brang Ene bapak Ns Kamaluddin S.Kep., para Danramil Kodim 1607 se Kab. Sumbawa, Toga, Tomas, Todat, Towa, Toda dan para penggemar kesenian kerapan Kerbau. 


Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Grosir Baju Muslim | Pen Rem 162/WB
Copyright © 2013. Selamat Datang Di Korem 162/Wira Bhakti - Blog Resmi - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger