MASA ORIENTASI SEKOLAH (MOS) DIISI OLEH BABINSA

Senin 17 Juli 2017 merupakan hari pertama masuk sekolah di wilayah Kab. Sumbawa Barat, diawal sekolah ini tentunya bagi para siswa baru akan mendapat MOS (Masa Orientasi Sekolah). Kegiatan Masa Orientasi Sekolah ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan peserta didik dalam lingkungan belajar yang baru agar memiliki kesiapan belajar yang baik.  Melihat pentingnya kegiatan MOS ini bagi para siswa, untuk itu Babinsa jajaran Kodim 1607/Sumbawa juga memanfaatkan kesempatan MOS ini untuk memberikan pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai pengaruh negatif  akibat dari perkembangan era globalisasi yang dapat  melunturkan tatanan nilai/norma  yang berlaku di tengah-tengah kehidupan masyarakat  dewasa ini. 
Seperti kita ketahui bersama perkembangan teknologi saat ini tidak dapat terbendung, berbagai informasi dapat diterima oleh masyarakat tanpa adanya filters(tanpa disaring), tidak hanya informasi positif yang ada, namun juga informasi yang bersifat negatif bahkan cendrung bersifat provokatif, hal ini tentunya dapat membahayakan apalagi saat ini masyarakat sangat mudah mengakses berbagai hal tersebut melalui media sosial. Pengaruh dari kemajuan tehknologi saat ini sudah sangat terlihat jelas dimasyarakat terutama dikalangan kaum muda salah satu contoh yang nyata terutama dikalangan generasi muda, para pemuda saat ini kebanyakan lebih cenderung meniru budaya asing ketimbang budayanya sendiri, banyak dilakangan muda saat ini sudah tidak lagi menghormati orang yang lebih tua, serta masih banyak contoh lainnya yang sering kita lihat yang diakibatkan adanya berbagai pengaruh dari perkembangan teknologi tersebut. 
Untuk mengantisipasi hal tersebut, sehingga pengaruh negatif dari perkembangan teknologi tidak jauh mempengaruhi para generasi muda,  perlu adanya kerjasama antar seluruh pihak terutama orang tua, para guru di sekolah termasuk para Babinsa untuk dapat memberikan pemahaman yang benar terutama mengenai berbagai perkembangan yang ada di era globalisasi saat ini. Untuk itu anggota Babinsa jajaran Kodim 1607/Sumbawa mengisi kegiatan Masa Orientasi Sekolah ini dengan memberikan pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan, mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada para siswa dan memberikan pembekalan tentang pentingnya disiplin bagi para siswa/siswi serta memberikan pemahaman dan penjelasan kepada para pelajar mengenai bahaya Narkoba, paham radikal, seks bebas dan berbagai hal lainnya. 
Selain itu para Babinsa juga mengingatkan kepada seluruh pelajar agar cerdas dalam menggunakan sosial media hal ini disampaikan mengingat saat ini hampir seluruh masyarakat mulai dari orang tua, anak muda bahkan anak-anak sudah menggunakan sosial media, pada kesempatan tersebut para anggota Babinsa juga mengingatkan kepada seluruh pelajar sebagai generasi muda harus optimis dan harus memiliki cita-cita terutama untuk memajukan bangsa dan negara ini, jaga kesatuan dan persatuan bangsa sehingga NKRI ini tetap tegak berdiri. Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam Masa Orientasi sekolah ini yaitu setelah pelaksanaan upacara Bendera para siswa juga dilatih baris-berbaris dan selanjutnya diberikan ceramah, adapun beberapa sekolah Menengah Pertama (SPM) yang melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Sekolah diantaranya SMPN 1 Taliwang, SMPN 3 Taliwang, SMPN 4 Taliwang, SMP Brang Ene, SMPN 8 Taliwang, SMPN 1 Kec. Jereweh, SMPN 4 Brang Rea, SMPN 5 Batu Putih, SMPN 7 Taliwang dan SMPN 6 Taliwang serta SMPN 1 Sekongkang, SMPN 1 Maluk  dan SMPN 2 Sekongkang. Kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan rasa nasionalisme dan semangat patriotisme para generasi muda yang ada di Kab. Sumbawa sehingga mereka akan lebih mencintai dan menghargai bangsanya sehingga akan selalu berbuat yang terbaik dan mencetak prestasi untuk kemajuan Bangsa dan demi tetap tegaknya NKRI.  


Share on Google Plus

About Penrem162

0 komentar:

Posting Komentar