Home » , » ILEGAL LOGING MAKIN MARAK

ILEGAL LOGING MAKIN MARAK

Ditulis Oleh Penrem162 on Rabu, 09 November 2016 | 07.42

Selasa tanggal 8 November 2016 pukul 10.00 wita digelar  operasi gabungan oleh Kodim 1607/ Sumbawa dan Dinas Kehutanan Kab Sumbawa yang bertempat di Desa Olat Rawa Kec. Moyohilir Kab. Sumbawa yang dipimpin oleh Danramil 1607-12/ Moyo Hilir Kapten Inf Iryanto. Dalam  kegiatan operasi gabungan antar Kodim 1607/Sumbawa dengan Dinas Kehutanan Kab. Sumbawa ditemukan beberapa warga yang mengangkut kayu jenis jati dengan menggunakan sepeda motor, setelah  ditanya ternyata kayu-kayu yang dibawa dengan menggunakan sepeda motor tersebut berasal dari hutan yang ada di Dusun Nanga Lidam Desa Olat Rawa Kec. Moyohilir Kab. Sumbawa.
  Untuk itu sebanyak  15 warga yang berasal dari  Dusun Pangenyar Desa Kakiang Kec. Moyo Hilir Kab Sumbawa, dan dari Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kab Sumbawa, tersebut beserta barang bukti berupa sepeda motor dan 60 batang kayu jati gelondongan langsung dibawa ke Makodim 1607/Sumbawa dan selanjutnya diserahkan ke Dinas Kehutanan Kab. Sumbawa.
Meskipun terus dilaksanakan kegiatan operasi ilegal loging, namun sepertinya masyarakat tidak jera dan terus saja melakukan kegiatan tersebut, padahal tanpa disadari dampak yang ditimbulkan dari ilegal loging sangat merugikan, tidak hanya dampak langsung berupa rusaknya lingkungan karena hutan yang gundul, terancamnya keanekaragaman flora dan fauna karena sebagian terancam punah bahkan ada yang sudah punah. Bencana lain yang ditimbulkan karena kegiatan ini, yaitu tanah longsor, banjir dan lain sebagainya, hal ini dikarenakan tanah sudah tidak mampu lagi menyerap air yang ada, adapun akibat lainnya seperti pendakalan sungai, abrasi, dan lain-lain. Selain itu dampak kongkrit yang dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia dan masyarakat Dunia saat ini adalah global warming yang muncul akibat efek rumah kaca yang semakin terasa akibat dari semakin gundulnya hutan-hutan yang dapat menangkis efek rumah kaca tersebut.
Seperti apa yang disampaikan oleh Danrem 162/WB beberapa waktu lalu mengharapkan adanya kesadaran dari hati nurani masing-masing individu/masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan ilegal loging khususnya diwilayah hutan yang ada di NTB, mengingat dampak yang ditimbulkan sangat merugikan. Mari kita sayangi hutan kita, untuk kelangsungan hidup anak cucu kita kedepan.











Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Grosir Baju Muslim | Pen Rem 162/WB
Copyright © 2013. Selamat Datang Di Korem 162/Wira Bhakti - Blog Resmi - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger