TRENDING

Rabu, 08 Mei 2013

PERTEMUAN AKSELERASI KKB DALAM RANGKA BHAKSOS TNI KB DAN BHAKTI IBI



 Rabu tanggal 8 Mei 2013 bertempat di Hotel Grand Legi Mataram, Danrem 162/WB Kolonel Inf Zulfardi Junin menghadiri pertemuan Akselerasi KKB  dalam rangka Bhaksos TNI-KB dan Bhakti IBI TAHUN  2013. Dalam acara pertemuan tersebut hadir juga Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Prov. NTB, Para Mitra Kerja Prov. NTB, Para Dandim Jajaran Korem 162/WB, Kepala SKPD KB se NTB, dan Ketua IBI se NTB.

Pertemuan Akselerasi KKB dalam rangka Bhaksos TNI-KB dan Bhakti IBI ini, merupakan tindak lanjut kesepakatan bersama antara TNI dengan BKKBN Nomor  37/KH.104/B5/2009  dan Nomor KERMA/1/II/2009, tanggal 12 Februari 2009 tentang kerjasama revitalisasi program KB Nasional, yang sekaligus merupakan tindak lanjut Rakornas kemitraan BKKBN dengan TNI dan IBI yang dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 17-19 Maret 2013. Pertemuan yang membahas langkah kongkrit guna mengatasi masalah kependudukan dan program KB di NTB yang saat ini sangat kompleks dan menjadi tanggung jawab kita bersama termasuk TNI. Bila program KB mengalami kegagalan dalam pelaksanaannya, maka  dapat menimbulkan  berbagai dampak seperti kemiskinan, ketahanan pangan, masalah ketenaga kerjaan, dan tingkat kesejahteraan masyarakat. Pada kesempatan itu, Danrem 162/WB menyampaikan beberapa langkah-langkah yang perlu kita ambil bersama semua institusi terkait dalam mensukseskan program KKB seperti :

1. Pelayanan dan pembinaan peserta KB di Daerah Galciltas ( tertinggal, terpencil dan perbatasan) melalui kampanye 2 Anak cukup dan 4 anak Terlalu ( Terlalu muda melahirkan, terlalu dekat melahirkan, terlalu tua melahirkan, terlalu banyak melahirkan).
2. Penguatan demand side dan supply side secara seimbang antara lain melalui dukungan serta komitmen yang mewajibkan setiap tenaga kesehatan melayani KB, menjamin ketersediaan alokon di setiap fasyankes, penggerakan lini lapangan dan pemberdayaan institusi masyarakat pedesaan/perkotaan.
3. Pembinaan/pelestarian akseptor KB dan menurunkan angka drop-out (DO), serta meningkatkan penggunaan alat dan obat kontrasepsi jangka panjang (MKJP).
4. Pembinaan remaja melalui Generasi Berencana (genre).

Walaupun saat ini masih ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh rekan-rekan pelaksanaan di daerah, seperti sistem pemerintahan otonomi daerah yang menyebabkan BKKBN tidak mempunyai organisasi vertikal di Kabupaten/Kota. Dengan kondisi seperti yang saya sampaikan tadi, maka saya harapkan TNI-AD Khususnya jajaran Korem 162/WB, seperti Dandim, Danramil, dan para Babinsa serta unsur staf lainnya mampu berperan sebagai mediator antara BKKBN dengan pejabat Pemda, agar para pejabat Pemda memahami dan menyadari pentingnya program KB demi peningkatan kesejahteraan rakyat diwilayah NTB ini. Saya berharap melalui pertemuan ini, program KKB dapat dipenuhi oleh prajurit terutama prajurit yang berdinas  disatuan Kodim,  sehingga dapat memaksimalkan sasaran yang ingin dicapai. Saya juga meminta kepada para Dandim jajaran Korem 162/WB untuk membantu dan mengkoordinir kegiatan pelayanan KB selama Bhaksos TNI-KB berlangsung, bekerjasama dengan berbagai sektor terkait seperti Dinas Kesehatan, Badan PP dan KB Kabupaten/Kota, TP PKK dan sektor terkait lainnya. Berikan layanan KB sebaik-baiknya kepada masyarakat sehingga pencapaian peserta KB meningkat. Adakan Mapping dan identifikasi sasaran penggarapan di wilayah masing-masing dan buat jadwal pelayanan KB, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Sebelum mengakhiri laporan dalam pertemuan tersebut, Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Prov. NTB, melemparkan pantun kepada Danrem 162/WB yang berbunyi “Ternak Sapi dipinggir kali, banyak Tentara sedang tiarap enaknya koordinasi dengan TNI, semuanya selalu siap. Berburu lele sampai di air bah, beli cabe untuk di masak, kalau tentara mulai bergerak program KB pasti semarak”. Dan Danrem 162/WB pun membalas pantun dari Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Prov. NTB yang berbunyi “ Hari ini hari Rabo, besok hari Kamis, ikut KB jangan ragu-ragu agar hidup lebih manis”.



Posting Komentar

 
Back To Top