Jumat, 31 Maret 2017

BABINSA TERUS KAWAL DAN DAMPINGI PARA PETANI

Pada hari Jum’at 31 Maret 2017 anggota Babinsa Koramil 1608-04/Woha turun ke sawah membantu para petani untuk melaksanakan panen padi. Kehadiran para Babinsa dalam mengawal dan mendampingi petani mulai dari pengolahan lahan, penyemaian bibit, perawatan tanaman hingga panen ini dirasa sangat penting bagi para petani, karena selain membantu petani untuk mengetahui inovasi baru mengenai pertanian, para Babinsa juga terjun langsung ke sawah untuk membantu petani dalam merawat tanamannya hingga membantu panen bahkan membantu penjualan hasil panen. Seperti Babinsa Desa Tonggorisa Serda Hasan yang membantu para petani di Desa Tonggorisa Kec. Palibelo Kab. Bima melaksanakan panen padi. 
Bersama dengan Poktan Sakara, Poktan La Deru, Poktan La Duwa, Poktan Raba O’O, PoktanSoro Nda,a, Poktan La Ni’u dan Poktan La Laka  Babinsa Desa Tonggorisa panen padi dilahan masing-masing, untuk Poktan Sakara dengan luas lahan 1 hektar mendapat hasil panen sebanyak 6 ton, untuk Poktan La Deru dengan lahan 1,5 hektar mendapat hasil 9 ton, poktan La Duwa dengan lahan 0,8 hektar mendapat hasil 5 ton, untuk Poktan Raba O’O dari luas lahan 1 hektar hasil yang diperoleh sebanyak 6 ton, Poktan Soro Nda’a dengan luas lahan 1 hektar mendapat hasil 6 ton, Poktan La Ni’u dengan luas lahan 0,5 hektar mendapat hasil sebanyak 3 ton sama seperti Poktan La Laka. Selain Babinsa Desa Tonggorisa, Babinsa Desa  Ringgu Sertu Edi Sumardi juga melaksanakan kegaitan yang sama yakni membantu petani yang ada di Desa Runggu Kec. Palibelo Kab. Bima melaksanakan panen padi bersama. 
Kegiatan panen yang dilaksanakan bersama beberapa Poktan ini seperti Poktan So Monggo yang melaksanakan panen dilahan 1,5 hektar dan mendapat hasil sebanyak 9 ton, Poktan So Kalampa dengan lahan 2 hektar mendapat hasil panen 12 ton, Poktan So Laminggi 1 dengan luas lahan 2 hektar mendapat hasil sebanyak 9 ton, sementara Poktan So Laminggi II dengan luas lahan 1,5 hektar mendapat hasil 12 ton, untuk Poktan So La Wunu luas lahan 1 hektar mendapat hasil 6 ton sedangkan untuk Poktan So Lawoto dengan luas lahan 1 hektar mendapat hasil 6 ton dan untuk Poktan So Ncai Sahe dengan luas lahan 1 hektar mendapatkan hasil sebanyak 12 ton.  Hasil panen yang diperoleh ini nantinya akan digunakan sebagai bibit dan untuk dikomsumsi sendiri, sama halnya dengan Poktan So Wanga Kata dan Poktan So Tolo Sori yang berada di Desa Roi Kec. Palibelo Kab. Bima  melaksanakan kegiatan penan padi dibantu oleh Babinsa Desa Roi Serka Ishaka. Kegiatan pengawalan dan pendampingi ini akan terus dilakukan oleh para Babinsa agar hasil panen para petani dapat terus meningkat sehingga program swasembada pangan dapat berjalan dengan sukses.


SHARE THIS

Author:

0 komentar: