PANGDAM IX/UDAYANA HADIRI PANEN RAYA PADI DAN SERAPAN GABAH PETANI DI NTB

Bertempat di desa Nyiur lembang kec. Narmada Kab. Lombok Barat, Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Komarudin Simanjuntak S., S.I.P., M.Sc. didampingi Wakil Gubernur NTB dan Komandan Korem 162/WB melaksanakan Panen raya padi dan serapan gabah, Selasa ( 9/05/2017).

Pada kesempatan tersebut didepan para undangan, perwakilan poktan dan gapoktan sepulau Lombok sebanyak 150 orang, Pangdam IX/UDY menyampaikan bahwa Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat mempunyai dua tugas pokok yaitu  OMP (Operasi Militer Perang) dan OMSP (Operasi Militer Selain Perang). Untuk Operasi Militer Selain Perang, salah satu tugas pokok yang diemban adalah mengimplementasikan pemberdayaan wilayah pertahanan dengan cara mem-bantu pemerintah daerah guna   menyiapkan potensi sumber daya alam khususnya logistik wilayah sebagai potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara dan kekuatan pendukung guna menangkal setiap ancaman dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar negeri.
 
Dalam tugas membantu pemerintah  di daerah, TNI Angkatan Darat khususnya Satuan Komando Kewilayahan melaksanakannya sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki, seperti dengan memanfaatkan lahan yang tidak produktif atau lahan tidur untuk dikelola menjadi lahan pertanian bekerjasama dengan pemerintah daerah dan kelompok tani untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah, sehingga dapat mendukung tercapainya ketahanan pangan nasional. Upaya mengembangkan varietas jenis padi tersebut dilaksanakan dengan menggunakan metode, kerja sama dengan pemerintah daerah, kelompok tani, pihak swasta dan Dinas Pertanian setempat. Kita patut bersyukur upaya yang telah dilaksanakan secara bersama-sama berjalan lancar dan sukses sehingga pada hari ini panen raya padi varietas unggul dapat kita laksanakan.

Untuk itu, di waktu yang akan datang saya berharap kepada seluruh masya-rakat khususnya para petani agar mempertahankan apa yang telah dicapai pada panen raya ini, bahkan bila mungkin ditingkatkan lagi hasilnya. Jika ketahanan pangan masyarakat sudah terpenuhi maka dengan sendirinya ketahanan wilayah dapat tercipta dengan optimal. Pada kesempatan tersebut pangdam IX/UDY melihat secara langsung proses serapan gabah dari petani ke Babinsa, kemudian dilanjutkan ke petugas Divre dilapangan dan Pangdam berkesempatan meninjau penggilingan dan gudang Bulog yang berlokasi di kecamatan Lembar Lombok barat.


Share on Google Plus

About Penrem162

0 komentar:

Posting Komentar