Kamis, 13 Juli 2017

ANGGOTA JAJARAN KOREM 162/WB IKUTI SOSIALISASI PEMBINAAN KETAHANAN PANGAN

Bertempat di Aula Sudirman Korem 162/WB, pada hari Kamis, 13 Juli 2017 anggota jajaran Korem 162/WB mengikuti kegiatan sosialisasi Pembinaan Ketahan Pangan. Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan mengingat pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki sehingga terwujudnya pemenuhan pangan bagi setiap orang merupakan hal yang tidak bisa diabaikan. Seperti pada sambutan Danrem 162/WB yang dibacakan oleh Kasi Ter Korem 162/WB Letkol Inf Wayan Sumitra mengatakan bahwa sejarah membuktikan ketahanan pangan sangat erat kaitannya dengan ketahanan sosial, stabilitas ekonomi, stabilitas politik dan keamanan atau ketahanan nasional. Dalam arti, jika dalam suatu negara terjadi kerawanan pangan maka kestabilan ekonomi, politik dan sosial akan terguncang. 
Untuk itu, tugas utama TNI sesuai denagn UU No. 34 Tahun 2004 mengatakan selain perang, TNI juga bertugas untuk membantu tugas pemerintah daerah melalui fungsi utama pembinaan teritorial yang luas termasuk didalamnya mencakup penyiapan potensi sumber daya alam khususnya mengenai logistik wilayah guna membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakatnya dibidang pangan. Kegiatan sosialisasi sendiri diberikan oleh Tim penyuluh dari BPTP Narmada, berbagai ilmu diberikan kepada para anggota yang mengikuti kegiatan sosialisasi diantaranya mengenai cara beternak ayam potong, dan cara bercocok tanam terutama cara penggunaan varietas unggul terutama pada komoditi tanaman pangan pertanian khususnya hortikultura serta  penjelasan mengeenai bidang perkebunan, perikanan dan peternakan. 
Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh perwakilan  anggota jajaran Korem 162/WB ini berjalan tertib dan aman, diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini nantinya dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para anggota terutama mengenai ketahanan pangan. Para anggota juga nantinya diharapkan dapat menjadi motivator atau contoh bagi masyarakat lainnya terutama dalam menjaga ketahanan pangan dengan  cara bercocok tanam atau menanam pohon sayur dan buah-buahan dipekarangan rumah dengan menggunakan polibag atau memelihara unggas seperti ayam dan bebek dipekarangan rumah, karena selain hasilnya dapat dikomsusmsi sendiri sehingga akan mengggurangi pengeluaran, sisanya juga dapat dijual untuk menambah penghasilan.         



SHARE THIS

Author:

0 komentar: