TRENDING

Kamis, 01 Februari 2018

Dua Desa Terendam Air dan Tanah Longsor, Koramil Gunungsari Turun Bantu Warga






Hujan deras sejak pagi tadi Kamis (1/2) mengakibatkan puluhan rumah warga digenangi air setinggi lutut dan pinggang orang dewasa di Dusun Melase Desa Batulayar dan bencana tanah longsor di Dusun Mekar Sari Desa Lembah Sari Kecamatan Batulayar Lombok Barat.

Melihat kondisi tersebut, Babinsa Posramil Batulayar dan Koramil 1606-07/Gunungsari langsung mengambil langkah untuk segera membantu warga yang terkena musibah genangan air.

Pelda L. Muhammad Hilman Danpostramil setempat menyampaikan Ia bersama Danramil Gunungsari dan anggota Koramil langsung turun membantu warga di kedua dusun yang rumahnya tergenang air maupun yang terkena tanah longsor dengan memindahkan barang-barang yang bisa dibawa dan diamankan ketempat yang lebih aman.


Menurutnya, genangan air maupun tanah longsor yang menimpa rumah warga berasal air yang datang dari gunung dan juga debit air yang berlebihan akibat hujan deras sejak pagi sehingga puluhan rumah terendam air dan rusak tertimbun tanah longsor.

Hilman menambahkan, selain disebabkan oleh hujan deras juga disebabkan oleh minimnya saluran irigasi yang membawa debit air ke laut serta tingginya jalan raya yang akan dilalui air.

Sementara Danramil Gunungsari Kapten Chb Danang Kristianto dilokasi menyampaikan upaya yang sedang dilakukannya bersama anggota dan masayarakat setempat yakni menyedot air dengan menggunakan pompa air dan pembuangannya di arahkan menuju got depan Kantor Camat Batulayar, sementara di Dusun Mekar Sari dilaksanakan gotong royong bersama masyarakat dan sskitar pukul 14.00 Wita siang tadi akses jalan dan saluran air bisa normal seperti semula.

Dandim 1606/Lobar Letkol Czi Joko Rahmanto, SE., mendapat laporan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Danramil beserta anggotanya yang telah dengan sigap membantu warga yang rumahnya terkena genangan air maupun tanah longsor. 


Joko mengingatkan, sekarang ini musim hujan dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, agar masyarakat tetap waspada dan terus memantau setiap perkembangan sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan cepat dapat ditanggulangi dan diatasi secara bersama-sama”,  

“Seluruh Babinsa yang ada di jajaran Kodim Lobar agar senantiasa waspada dan siap untuk membantu warga apabila dibutuhkan dengan skala prioritas dan terus mamantau setiap perkembangan di Desa binaannya sehingga tidak ada keterlambatan dalam penanganan maupun laporan”, pungkasnya.

Posting Komentar

 
Back To Top