KEGIATAN BINTER MENJELANG PEMILU 2014




NKRI merupakan Negara kepulauan yang terletak pada posisi silang diantara 2 Benau dan 2 Samudra, sehingga membuat posisi geografis Indonesia sangat strategis. Kondisi geografis ditambah dengan kekayaan alam dan beraneka ragam Suku, Budaya, Agama, Bahasa dan Adat sitiadat sangat menguntungkan bagi bangsa Indonesia khususnya di wilayah NTB. Kondisi tersebut sangat memprihatinkan jika tidak dikelola dengan baik karena sangat rentan terhadap kerawanan baik dari dalam negeri maupun pengaruh kepentingan pihak luar yang akan mengalahkan kepentingan Nasional. Keadaan demikian akan benar-benar terjadi bila di dalam pengelolaan negara tidak berorientasi kepada rasa Nasionalisme Bangsa dalam wawasan kebangsaan yang merupakan suatu wujud nyata dan kesepakatan bersama dari seluruh bangsa Indonesia.

Dengan kondisi tersebut Korem 162/WB khususnya Danrem 162/WB bersama seluruh instansi terkait mengikuti kegiatan SENKOM.
Kegiatan yang dilaksanakan di Mapolda NTB pada hari Sabtu 28 Desember 2013 tersebut diikuti oleh  Danrem 162/WB, Kapolda NTB yang diwakili Stafnya, Danlanud Rembiga diwakili Stafnya, Danlanal Mataram yang diwakili juga oleh Stafnya, serta para pemuda SENKOM (Sentra Komunikasi) Mitra Polisi  seluruh NTB yang berjumlah 200 orang, dalam kegiatan itu sendiri Danrem 162/WB sebagai narasumber. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan maksud memberikan gambaran kepada para pemuda SENKOM tersebut mengenai penanganan konflik sosial oleh TNI melalui Binter bagi peserta pemantapan petugas soaial Operasi kemanusiaan korban konflik dan kebakaran, dan untuk tujuan kegiatan itu sendiri yaitu untuk membangun cara pandang yang bersinergi melalui kesetaraan, kebersamaan dengan giat pedamping Psiko sosial korban guna memantapkan stabilitas Nasional di Prov. NTB. Selain maksud dan tujuan tadi kegiatan SENKOM ini sangat penting mengingat di wilayah NTB sering terjadi konflik sosial, untuk itu dalam kegiatan tersebut selain membahas mengenai ancaman nasional dan daerah yang perlu diwaspadai menjelang Pemilu 2014 juga dibahas mengenai langkah penangan konflik melalui binter.

Mengingat kegiatan seperti ini sangat penting, diharapkan kedepan melalui binter dan pendekatan  yang dilakukan oleh TNI melalui para pemuda SENKOM ini,  masyarakat dapat lebih memahami dan lebih menghayati nilai-nilai nasionalisme Indonesia dengan menggelorakan kembali kearifan  lokal seperti saling menghargai dan saling menghormati, mengutamakan kebersamaan dan gotong royang, selalu bermusyawarah dalam menyalesaikan permasalahan untuk mencapai mufakat, tidak dengan tawuran, hilangkan rasa permusuhan dan dendam, mampu berjiwa besar,  selalu menjadi masyrakat yang produktif untuk bangsa Indonesia dan jangan lupa kita semua bersaudara. Apabila semua kearifan Lokal tersebut dapat dilaksanakan oleh seluruh masyarakat khuhusnya masyrakat NTB maka keamanan dan kedamaian akan terwujud dan kemajuan pembangunan dapat cepat tercapai.
Share on Google Plus

About Penrem162

0 komentar:

Posting Komentar