KOREM 162/WB DAN PARA BAKORLUH BERSINERGI DALAM MENSUKSESKAN SWASEMBADA PANGAN

Pada hari selasa 13 Januari 2015, bertempat di lapangan Makorem 162/WB acara apel bersama Danramil, Babinsa dan para Bakorluh sepulau Lombok dilaksanakan. Dalam kegiatan apel tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB, Danrem 162/WB, Kasrem 162/WB, Dandim sepulau Lombok, Para Kasi Korem 162/WB, Dan/ka/Pa Satdisjan Korem 162/WB, Kadis Pertanian, Kadis perikanan, Kadis Kehutan, Kadis peternakan, Kadis PU,Kadis Perindag dan Kepala BPTP. 

Kegiatan apel ini bertujuan untuk mensinergikan dengan instansi terkait dalam hal ini TNI AD dengan PPL Bakorluh yang ada di pulau Lombok dan NTB dalam mendukung dan menyukseskan program Pemerintah dalam upaya meningkatkan swasembada ketahanan pangan. Kita ketahui bersama bahwa wilayah NTB sebagaian besar penduduknya berprofesi sebagai petani,  karena masih kurangnya sinergitas dengan instansi terkait menyebabkan petani  mengalami kesulitan dalam mendapatkan seperti masalah bibit, pupuk, dan pengolahan pasca panen yang mencakup masalah pengeringan,  pendinginan, pembersihan, penyortiran, penyimpanan, dan pengemasan dan  harga pasar yang perlu mendapat perhatian.Disamping itu para petani kita yang masih menggunakan  teknologi pertanian dengan  cara konfensional dalam mengolah lahan pertanian. Untuk itu kegiatan apel ini diselenggarakan agar terjalinnya sinergitas antara TNI-AD /Korem 162/WB dengan para Bakorluh, dan pelaku lapangan dalam hal ini para Babinsa yang nantinya akan membantu para Bakorluh sesuai yang diamanatkan amanat dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 yang tertuang dalam salah satu tugas Angkatan Darat, yaitu tugas memberdayakan wilayah pertahanan yang dilakukan melalui kegiatan Pembinaan Teritorial. Selanjutnya dalam implementasi di lapangan, Korem 162/WB akan memberdayakan satuan-satuan kewilayahan melalui para Babinsa dan Danramil guna memudahkan terjalinnya koordinasi,  komunikasi antara Pemerintah Daerah guna meningkatkan ketahanan pangan di wilayah, sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat dan pada akhirnya dapat terwujud. Semua itu merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama, kelemahan di salah satu aspek, akan berpengaruh pada aspek lainnya dan pada gilirannya akan berpengaruh pada  tingkat Ketahanan Pangan Nasional secara keseluruhan.
Untuk itu TNI akan selalu ikut andil dalam usaha untuk membantu mensejahterakan rakayat.TNI yang jati dirinya dari rakyat akan berjuang bersama-sama rakyat, karena TNI kuat bersama rakyat, bersama TNI rakyat akan sejahtera, TNI bersama rakyat NKRI kuat.  Seperti apa yang disampaiakan Danrem 162/WB Kolonel Arh Kuat Budiman, S.IP., dalam sambutannya. Setelah kegiatan apel Danramil, Babinsa dan Bakorluh selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan rapat yang dipimpin oleh Danrem dan Prof. Ir. HM. Sarjan, PHd dan Para Kepala Dinas terkait untuk, mencari solusi langkah kedepan terkait untuk mensukseskan swasembada pangan yang menjadi program pemerintah khususnya di wilayah NTB. 
Share on Google Plus

About Penrem162

0 komentar:

Posting Komentar